Jumat, 18 November 2011

Bunga Anggrek Langka

Your ADS

Anggrek merupakan bunga perlambang kesungguhan hati seseorang dalam memberikan kasih sayang yang sangat tulus.  Bunga anggrek atau Orchid ini lebih dikenal sebagai bunga keabadian.  Banyak macam dan jenis anggrek yang hidup di berbagai tempat di belahan dunia.  Tapi, kini bunga anggrek langka mulai banyak dicari dan diminati.  Selain untuk dijadikan koleksi, bunga anggrek langka ini juga diburu karena harganya yang sangat mahal.


Konservasi bunga anggrek langka

Konservasi atau perlindungan bagi pertumbuhan dan perkembangan dari setiap jenis bunga anggrek terus digencarkan akhir-akhir ini di Indonesia.  Banyaknya perburuan bunga anggrek untuk dijadikan koleksi dan diperdagangkan menyebabkan banyak jenis bunga anggrek langka dan sulit dicari.

Selain itu, penyebaran bunga anggrek terutama di Indonesia menjadi terbatas jumlahnya dan tempat/habitat alaminya juga semakin berkurang.  Perambahan lahan alami untuk bunga anggrek dan penebangan liar kawasan hutan menyebabkan semakin berkurangnya habitat bunga anggrek ini. 

Kebakaran hutan juga ikut menjadi salah satu penyebab sedikitnya penyebaran bunga anggrek ini.  Itulah sebabnya bunga anggrek langka dan mulai dijadikan salah satu bunga yang dilindungi.


Macam-macam bunga anggrek langka

Berikut ini beberapa bunga anggrek langka di Indonesia yang mulai sedikit penyebarannya:

Paphiopedilum glaucophyllum
Bunga anggrek langka jenis ini hanya tumbuh di daerah penyebaran sekitar gunung semeru  di daerah Jawa Timur.  Perambahan kawasan hutan menyebabkan bunga anggrek langka ini tidak banyak ditemukan lagi disana. 

Anggrek ini disebut juga anggrek kasut berbulu.  Bentuknya seperti kantong di bagian bawahnya dengan warna kelopak bunga sedikit merah muda.

Coelogyne pandurata
Bunga anggrek langka ini disebut juga bunga anggrek hitam.  Penyebaran bunga anggrek langka dan dilindungi ini di sekitar hutan Kalimantan Timur.  Bunga anggrek hitam ini bahkan sampai terkenal di mancanegara dengan sebutan black orchid.

Bunga anggrek langka disebut anggrek hitam karena memiliki lidah di dalam mahkota bunga yang berwarna hitam.  Lidahnya atau labellum ini menjadi ciri khas anggrek hitam. 

Phalaenopsis amabilis
Bunga anggrek langka ini hanya bisa ditemukan di sekitar daerah  Pegunungan Melatus Pelaihari dan di kawasan hutan kalimantan Selatan saja. 

Bunga anggrek langka ini disebut juga anggrek  bulan Pelaihari ini mulai sedikit penyebarannya akibat penebangan hutan di kawasan tersebut.  Warna bunga anggrek bulan ini sangat indah dan bermacam-macam.

Grammatophyllum speciosum
Bunga anggrek langka ini disebut juga dengan bunga anggrek tebu.  Bunga anggrek langka ini ukurannya sangat besar/raksasa.  Daerah penyebaran bunga anggrek tebu ini banyak di daerah Sumatera, Kalimantan dan Papua. 

Kalau yang di Papua, ada jenis yang hampir sama dengan bunga anggrek tebu ini yaitu anggrek raksasa Papua atau Grammatophyllum papuanum.


Bunga anggrek langka ini harus terus dilestarikan dan dijaga habitat alaminya.  Banyak penebangan liar, pengrusakan kawasan hutan serta perburuan bunga anggrek langka tanpa terkendali menyebabkan populasi bunga anggrek ini kian langka saja.  Sekarang menjadi kewajiban kita untuk ikut menjaga dan melestarikan bunga anggrek langka ini.


View the original article here

Your ADS