Selasa, 15 November 2011

Jenis jenis Bunga Anggrek dan Cara Memilihnya

Your ADS

 

Keindahan dan Keunikan Bunga Anggrek


Bunga anggrek sudah lama terkenal sebagai tanaman yang dipelihara dan dirawat untuk dinikmati keindahannya. Bahkan dari zaman dulu hingga saat ini, bunga anggrek sering dijadikan sebagai simbol dari perasaan cinta, ketulusan hati, dan kebahagiaan yang sejati.


Di Indonesia sendiri anggrek juga dipilih sebagai bunga kebanggaan nasional. Bahkan di beberapa daerah, pemerintah setempat menjadikan bunga anggrek menjadi maskot lokal daerah tersebut. Karena di negeri ini memang banyak sekali jenis jenis bunga anggrek yang bisa tumbuh subur. Dan uniknya, masing-masing daerah juga punya tanaman bunga anggrek yang hanya bisa tumbuh di tempat tersebut.


Jenis-jenis Bunga Anggrek di Indonesia


Seperti telah diuraikan di atas jenis-jenis bunga anggrek di Indonesia itu banyak sekali. Untuk menggolongkannya, kita bisa melihat berdasarkan kriteria yang ditentukan. Misalnya :

Berdasarkan tempat berkembang biak dan tumbuhnya.

Ada bunga anggrek yang hidupnya hanya menumpang di batang dari pohon lain, ada pula yang tumbuh secara langsung di tanah seperti tanaman biasa. Selain itu ada anggrek yang hanya bisa tumbuh di daerah bebatuan atau di daerah yang mengandung banyak kompos dan humus.

Berdasarkan tempat munculnya bunga

Jenis jenis bunga anggrek ini antara lain yang tangkai bunganya keluar dari batang bagian ujung, lalu ada bunga yang juga muncul dari batang namun di bagian samping.

Berdasarkan proses tumbuhnya batang

Yaitu batang yang tumbuh lurus ke atas tanpa mengenal batas dan batang yang pertumbuhannya akan berhenti setelah mencapai ukuran panjang tertentu.

Berdasarkan lokasi pertumbuhan yang cocok

Para pakar anggrek membagi jenis jenis bunga anggrek untuk kriteria ini menjadi tiga golongan yaitu bunga anggrek yang bisa tumbuh dengan bagus di dataran yang rendah (kurang dari 500 meter dpl), dataran sedang (500 sampai 700 meter dpl) dan dataran tinggi (lebih dari 700 meter dpl).


Memilih Bibit Anggrek


Bila kita ingin membeli bunga anggrek untuk di tanam di taman rumah, selain harus tahu jenis jenis bunga anggrek, juga perlu mengetahui cara memilih bibit yang bagus, yaitu :

Bunga anggrek yang sehat selalu memiliki daun yang warnanya mengkilat, polos dan tidak ada bercaknya.

Pilihlah pohon bunga anggrek yang batangnya gemuk dan kuat. Bila ada batang yang punya kerutan dan terlihat kurus, itu pertanda tidak punya cadangan air yang cukup. Tentu saja ini tidak bagus.

Perhatikan bunga anggrek yang mau dipilih, utamakan memilih yang punya anakan dengan jumlah yang banyak. Ini untuk berjaga-jaga, bila bibit utama yang sudah dewasa mati maka kita masih bisa mendapat gantinya.

Lihat dan teliti tangkainya. Bila di situ banyak terdapat bekas potongan itu petanda bila anggrek tersebut rajin mengeluarkan bunga. Jadi bagus untuk dipilih.

Cek juga apakah batangnya tertanam pada pot atau media tanam dengan kuat. Bila hanya dipegang saja batang bisa bergoyang, itu pertanda akar dari bunga anggrek tersebut tidak bagus.

Bila anggrek yang mau dipilih ada bunganya, teliti dengan seksama, apakah benar itu bungga sungguhan atau hanya sekedar tempelan saja. Banyak penjual tanaman anggrek yang tidak jujur dan tega melakukan hal tersebut.

View the original article here

Your ADS