Jumat, 17 Februari 2012

Bunga Anyelir, Si Cantik yang Berkhasiat

Your ADS

 

Bunga anyelir memiliki nama ilmiah Dianthus caryophyllus. Nama lainnya adalah bunga teluki atau dalam bahasa inggris dikenal juga dengan sebutan carnation.


Tanaman ini dikenal sebagai tanaman pekarangan dan pot. Bunganya yang semarak dan berwarna-warni cerah membuat tanaman ini disenangi sebagai penghias beranda dan pekarangan. Kecantikan bunganya mampu menyaingi bunga mawar yang dikenal sebagai ratu dari semua bunga.


Bunga anyelir termasuk jenis tanaman yang awet. Ia bisa bertahan hidup selama 18 sampai 20 bulan. Tanaman bisa tumbuh tinggi hingga mencapai dua meter, namun untuk bisa tumbuh tegak ia harus ditopang dengan kayu atau penyokong lain. Dan diameter batang bisa mencapai 1 cm.


Si Cantik yang Rajin Berbunga


Bunga yang berasal dari kawasan Mediterania ini disukai karena memiliki kuntum bunga yang semarak, cantik dan memiliki warna-warni cerah dan  mencolok.


Berdasarkan jumlah kuntum bunga per tangkai bunga anyelir dibedakan atas dua jenis yaitu anyelir tunggal dan anyelir spray. Anyelir tunggal hanya memiliki satu kuntum bunga setiap tangkainya, sedangkan anyelir spray terdiri dari beberapa kuntum bunga dalam setiap tangkainya


Ratu Taman hingga Aksesoris Hari Istimewa


Salah satu daya tarik bunga anyelir adalah keindahan dan kesemarakan bunga yang muncul di setiap tangkainya. Hampi setiap tangkai bunga anyelir mengeluarkan kuntum bunga di ujungnya.


Ada yang berbentuk tunggal (satu kuntum tiap tangkai) dan ada juga yang berbentuk spray (banyak bunga dalam satu tangkai). Keistimewaan itulah yang menyebabkan jenis bunga ini diminati untuk menghiasi taman. Kehadirannya dalam taman menimbulkan kesan mewah dan membuat taman lebih berwarna.


Selain untuk menghiasi taman, bunga anyelir saat ini juga mulai umum dikembangkan di dalam pot. Tanaman anyelir dalam pot biasanya dimanfaatkan mempercantik beranda dan dekorasi pada pesta atau perayaan hari-hari istimewa.


Kehadiran anyelir ditengah-tengah rumpun bunga lainnya membuat suasana hari istimewa anda menjadi lebih berwarna. Tidak ketinggalan, bunga nyelir juga berfungsi dalam mempercantik papan nama, papan ucapan selamat atau papan ucapan dukacita  yang saat ini banyak digunakan.


Khasiat Farmakologi


Selain sebagai tanaman hias bunga anyelir juga dipercaya memiliki khasiat yan bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan. Kandungan saponin yang dimiliki oleh bunga anyelir dipercaya bermanfaat mengobati berbagai penyakit.


Dalam ilmu pengobatan tradisional tiongkok bunga anyelir dipercaya bermanfaat untuk pengobatan beberapa penyakit diantaranya yaitu: infeksi saluran kemih, kencing batu dan sembelit.


Selain untuk pengobatan penyakit dalam anyelir juga digunakan untuk pengobatan luar, diantaranya yaitu; radang kulit dan pembengkakan.


View the original article here

Your ADS