Senin, 26 Desember 2011

Menanam Bunga Dalam Pot

Your ADS

 

Memiliki halaman depan rumah yang tidak terlalu luas seringkali menjadi kendala untuk memiliki taman yang indah.  Ingin menanam bunga dan tanaman lain tetapi tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertanam.  Menanam bunga dan tanaman lainnya dalam pot dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini.


Pemilihan bunga yang akan ditanam dalam pot tergantung dari tempat tinggal dan kondisi halaman rumah.  Jika halaman rumah yang akan dibuat taman dengan pot bunga berada di luar dan terkena sinar matahari langsung, tentunya lebih cocok menanam bunga yang kuat terhadap sinar matahari dan siraman air hujan secara langsung, misalnya seperti bunga Bougenville.



Alat dan bahan bertanam bunga dalam pot


Untuk menanam bunga dalam pot, diperlukan beberapa alat dan bahan seperti berikut ini:

Pot

Menanam bunga dalam wadah seperti pot ini dapat menggunakan berbagi ukuran dan bentuk.  Bahan pot yang digunakan pun dapat bermacam-macam, seperti pot bunga dari tanah liat, dari plastik maupun dari tembaga.


Semua jenis pot ini dapat digunakan sebagai pot bunga, asalkan pot tersebut memiliki lubang di bagian dasar pot sebagai tempat keluarnya air dan udara.  Hal ini untuk mencegah terjadinya pengendapan air yang dapat menyebabkan pembusukan bunga terutama di bagian akarnya.


Ukuran besar kecilnya pot bunga ini tergantung dari jenis bunga yang akan ditanam.  Jika bunga memiliki kanopi yang lebar juga tinggi, sebaiknya memilih pot bunga yang berukuran besar dan tinggi.  Kalau dipakai pot yang tidak sesuai, biasanya pertumbuhan bunga akan menjadi terhambat dan kecil mengikuti ukuran dari potnya.

Media tanam dalam pot

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam menanam bunga dalam pot adalah media tanam yang digunakan.  Bunga yang ditanam di tanah/lahan lebih mudah dalam penanaman dan pertumbuhannya sebab di dalam tanah sudah terkandung mineral dan sumber air yang dibutuhkan. 


Sedangkan bunga dalam pot, ketersediaan jumlah mineral, unsur hara dan air sangat terbatas.  Oleh karena itu menanam bunga dalam pot ini harus dirawat sebaik mungkin.


Media yang baik untuk bunga dalam pot antara lain campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan pasir dengan jumlah yang sama.  Sebaiknya sebelum mencampurkan, pastikan terlebih dulu bahwa tanah dan pupuk kandang dalam keadaan bersih dari kotoran/gulma dan tidak lembab.



Menanam bunga dalam pot ini membutuhkan perawatan yang teratur, seperti penyiraman dan pemberian pupuk tambahan agar bunga dapat tumbuh baik.  Selain itu, pemangkasan cabang dan pembuangan daun yang sudah tua dapat membantu agar bunga terus dapat tumbuh dan mekar.  Jenis bunga yang umunya ditanam di pot antara lain bunga mawar, bunga Krisan, bunga melati dan lainnya.


View the original article here

Your ADS