Jumat, 30 Desember 2011

Bunga Matahari, Si Kuning Penuh Manfaat

Your ADS

 

Bagi beberapa orang, menanam bunga matahari sebagai tanaman hias ternyata tidak terlalu diminati. Padahal bunga matahari termasuk bunga yang cantik dan memiliki keunikan tersendiri dibanding bunga-bunga yang lain.
 


Seperti namanya, bunga ini memang mirip matahari. Bunganya berukuran agak besar dengan kelopak-kelopak kuning menyala yang tampak indah. Apakah karena itu dia dinamakan bunga matahari? Ternyata tidak hanya itu. Kelopak bunga matahari yang mekar akan selalu menghadap ke arah matahari. Itulah yang membuat bunga matahari ini sangat unik.


Budidaya Bunga Matahari


Membudidayakan bunga matahari tidaklah terlampau sulit. Penanaman dan perawatannya hampir tidak berbeda dengan jenis-jenis bunga yang lain. Bunga matahari dapat tumbuh dengan baik di daerah subtropik.


Lahan penanaman harus subur, agak lembab dan tidak terlalu banyak air. Seperti namanya, bunga ini sangat menyukai matahari, jadi pastikan bahwa bunga jenis ini bisa terkena cahaya matahari langsung.


Manfaat Bunga Matahari


Selain sebagai tanaman hias, ternyata bunga matahari punya berbagai manfaat, terutama pada bijinya yang sering kita sebut kwaci. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat dari bunga matahari.


Bunga dari tanaman ini berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, bunga ini memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa sakit. Ramuan bunga matahari sering digunakan untuk menghilangkan sakit kepala, sakit gigi, nyeri lambung, nyeri haid, maupun digunakan sebagai obat luar untuk radang payudara dan rematik.


Sumsum batang tanaman bunga matahari dan bagian dasar/pangkal bunga, mengandung hemicelluloses yang bisa digunakan untuk mengobati kanker esophagus dan lambung. Selain itu juga berkhasiat untuk melancarkan saluran kemih agar tidak nyeri/perih.


Manfaat tanaman bunga matahari juga terletak pada bijinya. Khasiat kwaci sudah banyak dikenal orang karena kandungan minyak dan zat-zat kimia lain yang sangat bagus untuk kesehatan. Dapat digunakan untuk meluruhkan kencing, mengobati demam, flu, batuk, disentri, dan juga dapat meningkatkan nafsu makan.


Daun tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak. Tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat malaria, anti radang, dan zat analgesiknya digunakan sebagai penghilang rasa nyeri.


Bagian lain dari tanaman bunga matahari adalah akar. Bagian ini bisa dimanfaatkan untuk peluruh kencing, penghilang rasa nyeri, mengobati batuk, batu ginjal, radang saluran nafas (bronkhitis), dan juga keputihan.


Itulah beberapa khasiat bunga matahari. Bunga ini cantik, unik, tapi juga menyimpan banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui.


View the original article here

Your ADS