Senin, 05 Desember 2011

Potensi Bisnis Bunga Anggrek

Your ADS

 

Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang mampu memikat perhatian banyak mata. Penampilannya yang unik, bentuk dan corak bunga yang beragam, susunan bunga dalam tangkai, bentuk daun bahkan semua bagian dari tanaman ini secara keseluruhan unik.


Penampilannya memang tidak semeriah anyelir dan baunya pun tidak sewangi mawar. Namun kesederhanaannya mampu memikat banyak mata. Anggun, demikian secara umum gambaran dari bunga anggrek. Tidak mencolok, baik dari segi warna maupun bentuk. Namun, di sanalah letak daya tariknya.


Bentuk bunganya yang beraneka ragam, membuat spesies ini memiliki potensi genetik yang kaya untuk dimuliakan/disilangkan. Pemuliaan anggrek dari tahun ke tahun, terus melahirkan ragam varietas anggrek baru yang semakin unik dan memiliki nilai ekonomi tinggi.


Hal ini menunjukkan bahwa anggrek memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Baik sebagai tanaman hias pot maupun sebagai bunga potong.


Bisnis yang Menjanjikan


Bunga anggrek terus menjadi primadona para pengusaha kembang dan penggiat tanaman hias. Bagaimana tidak, permintaan akan tanaman hias satu ini terus meningkat setiap tahun. Terutama di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Hadirnya  perumahan baru merupakan peluang pemasaran anggrek yang cukup menjanjikan.


Nilai Ekonomi Bunga Anggrek


Bunga anggrek memiliki nilai ekonomi yang tidak sedikit. Anggrek potong segar dihargai Rp. 4000,- hingga Rp. 10.000,- per tangkai. Sementara satu botol anakan anggrek hasil kultur jaringan bisa dihargai hingga Rp. 10.000 per botol. Demikian juga dengan anggrek hias dalam pot. Harganya bervariasi tergantung jenis, kualitas dan usia tanaman.


Secara umum untuk tujuan bisnis bunga anggrek biasanya dijual dalam beberapa bentuk diantaranya yaitu:


1. Anggrek potong


Bunga anggrek potong sangat diminati oleh konsumen. Pesona bunganya yang unik, sangat potensial untuk mempercantik ruang tamu, menyemarakkan dekorasi pesta dan lain sebagainya. Selain itu anggrek potong juga disenangi sebagai hadiah ungkapan cinta, ucapan selamat dan dimanfaatkan untuk upacara ceremonial.


2. Anggrek botol (anakan hasil kultur jaringan)


Potensi ekonomi bunga anggrek tidak hanya terdapat pada keindahan bunganya. Bahkan anakan yang baru tumbuh pun memiliki potensi ekonomi yang tidak sedikit.


Anakan hasil kultur jaringan atau lebih dikenal dengan sebutan anggrek botol sangat diminati oleh pecinta tanaman hias. Kenapa? Karena lebih murah dan bisa mendapatkan bibit anggrek dalam jumlah banyak sekaligus.


3. Anggrek hias


Tanaman anggrek hias yang paling diminati oleh pencinta tanaman hias diantaranya adalah anggrek bulan mini.  Selain bisa digunakan sebagai penghias taman dan beranda anggrek bulan mini juga bisa digunakan sebagai bunga meja. Posturnya yang kecil dan berbunga tegak, membuat tanaman ini cocok untuk menghias meja tamu anda.


4. Anggrek koleksi


Anggrek koleksi merupakan jenis anggrek yang bernilai ekonomi tinggi. Jenis bunga anggrek ini banyak diincar oleh para kolektor anggrek. Harganya kadang sangat mahal dan biasanya merupakan jenis anggrek langka.


Anggrek koleksi yang terkenal memiliki nilai ekonomi tinggi diataranya yaitu anggrek hitam yang merupakan anggrek lokal yang sangat langka dan unik.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Your ADS