Selasa, 13 Desember 2011

Mengenal Bunga Anggrek Bulan

Your ADS

 bulan mempunyai bentuk dan warna yang sangat indah. Jenis anggrek ini memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis yang merupakan bunga nasional negara kita.

Seorang ahli botani Belanda bernama Dr. C.L Blume telah menemukan anggrek bulan ini. Tanaman ini tersebar luas di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Australia, Philipina, dan Malaysia.


Karakteristik Anggrek Bulan
 


Bunga anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial yang hanya menyukai sedikit sinar matahari dalam menunjang kehiudpannya. Memiliki akar dengan warna putih memiliki bentuk yang bulat serta sedikit berdaging. Bunganya lumayan berbau harum dengan waktu mekar yang panjang.


Bunga anggrek bulan ini biasanya tergantung pada tangkai yang keluar dari tanaman anggrek yang sehat. Namun demikian, konon anggrek ini termasuk jenis yang sulit untuk dipelihara apalagi sampai membuatnya berbunga.


Namun Anda tidak perlu khawatir. Simak trik dan tips supaya tanaman anggrek bulan Anda bisa tumbuh baik dan bahkan berbunga.


Tips dan Trik


Anda bisa mempelajari dan kemudian mempraktikkan beberapa trik dan tips yang baik sebagai bahan untuk menjaga tanaman anggrek bulan Anda. Diantaranya:

Jika Anda ingin membudidayakan bunga anggrek bulan ini, maka langkah dalam menentukan jenis bibit yang akan ditanam merupakan hal fundamental. Makanya, pilihlah jenis spesies yang sudah mempunyai nama ataupun yang merupakan hasil persilangan nursery yang sudah mapan dan expert di bidangnya.Selain Anda bisa membeli bibit anggrek yang masih kecil, supaya masa tanam untuk berbunganya lebih pendek bisa juga Anda membeli anggrek yang sudah dewasa. Disini dituntut ketelitian Anda dalam menentukan kualitas tanaman yang dipilih.Selain itu, banyak membaca referensi untuk menambah berbagai pengetahun bagaimana memelihara anggrek supaya tumbuh sehat dan cepat berbunga adalah sebah keharusan jika Anda menginginkan tanaman anggrek tumbuh dan berbunga sesuai dengan yang diharapkan.Jika sudah ditemukan bibit yag cocok dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka langkah selanjutnya yakni menyiapkan media untuk menanam anggreknya. Harus difahami bahwa akar anggrek harus sehat untuk menopang pertumbuhan sang anggrek makanya diperlukan sebuah wadah yang mampu menyerap air dan bukan yang menyimpan air.Karakteristik daun anggrek yang besar dan lebar bisa menyimpan apapun yang menempel di daun tersebut. Makanya jangan sampai terkena air hujan karena dikhawatirkan air yang tertampung dalam jangka waktu tertentu akan membuat daun menjadi jamuran.Lakukan penyiraman secara kontinu dan konsisten karena anggrek sangat anti dehidrasi.Jangan lupa memberi pupuk secara teratur dan  sesuai dengan anggrek Anda.Serta yang terpenting perhatikan empat hal yang sangat mendukung tumbuh-kembang anggrek Anda: yakni tingkatan cahaya, kelembaban, aerasi dan temperatur udara.

Semoga tips dan trik ini membantu Anda melakukan budidaya bunga anggrek bulan.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Your ADS