Jumat, 20 Januari 2012

Bunga Kertas, Membuat Taman Jadi Berkelas

Your ADS

 

Sekilas Bunga Kertas


Bunga kertas adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Meski bukan merupakan tanaman asli, namun penggemarnya sangat banyak. Bunga yang punya nama lain Bougainville (baca: bugenvil) ini merupakan tanaman yang keindahan bunganya terletak pada warna dan kerimbunannya. Tumbuhnya juga secara bergerombol dengan daunnya yang berwarna hijau. Sementara bunganya ada yang berwarna merah, putih, kuning, pink dan lain-lain.


Meletakan Pohon Bunga Kertas di Taman


Bunga kertas adalah jenis tanaman yang tingginya bisa mencapai lima meter lebih, namun batangnya tidak besar dan tidak terlalu keras. Karena tumbuh secara bergerombol (seperti bambu), dan tidak bisa berdiri tegak (setengah merambat) maka kebanyakan orang lebih suka menanamnya di pinggir taman atau menempel pada tembok.


Namun selain di pinggir taman, ada pula yang meletakannya secara berjajar di depan taman atau rumah dengan tujuan untuk dijadikan pagar dan diatur sedemikian rupa agar tumbuhnya tidak terlalu tinggi. Ini tentu merupakan ide yang sangat menarik. Karena selain penghuni rumah, keindahan bunga kertas juga bisa dinikmati orang yang kebetulan sedang lewat atau berada di depan luar rumah.


Bila Anda ingin meletakkan bunga kertas di tengah taman juga tidak masalah. Yang perlu diperhatikan adalah, pohon bunga kertas harus diberi tiang sandaran agar tumbuhnya bisa menuju arah atas, bukan menjalar ke bawah.


Ada baiknya di bawah pohon bunga kertas ini diberi tanaman hias lain yang ukurannya lebih pendek. Tujuannya, agar batang bunga kertas yang kecil dan terkadang terlihat berantakan ini bisa tertutup sehingga tetap terlihat rapi.


Tanaman lain ini hendaknya dipilih yang warna bunganya tidak terlalu kontras dengan warna bunga kertas. Sehingga keindahan bunga kertas tetap terlihat sebagai mayoritas. Mungkin kalau bisa malah lebih baik jika dipilih tanaman hijau yang tidak mengeluarkan bunga. Misalnya daun pandan hias, atau jenis tanaman kecil yang ditata rapi dengan cara melingkar dan sebagainya.


Lalu bagaimana bila luas taman yang kita miliki tidak telalu luas? Ini juga bukan merupakan masalah besar, karena bunga kertas juga bisa ditanam di dalam pot. Bahkan, bagi yang kreatif, tanaman ini bisa dibentuk seperti pohon bonsai. Atau dengan cara lain yaitu dalam satu pot ditanam dua atau lebih dengan pohon bunga kertas yang warna bunganya berlainan, sehingga akan nampak ramai dan meriah.


Perawatan Bunga Kertas


Waktu melakukan penanaman, usahakan memilih tempat yang mudah terkena sinar matahari. Sebab, tanaman ini memang lebih suka berada di tempat yang terang, namun tidak terlalu panas. Selain itu, sinar matahari juga akan membuat tanaman ini bisa tumbuh subur dan daun serta bunganya cepat rimbun.


Karena merupakan tanaman yang daun dan bunganya selalu rimbun, maka bunga kertas dalam jangka waktu tertentu perlu dilakukan pemotongan pada beberapa  bagian batangnya. Tujuannya agar selalu terlihat rapi dan indah. Selain itu, pertumbuhannya juga bisa lebih mudah diatur dan dibentuk sesuai dengan selera kita. Pemotongan juga akan merangsang pertumbuhan bunga yang lebih banyak lagi.


Untuk masalah kebutuhan air, tanaman ini juga perlu disiram. Namun perhatikan, air yang digunakan tidak perlu terlalu banyak, karena bisa membuat batangnya mudah busuk dan menjadikannya mati. Bila ada hujan yang cukup deras dan sering, maka tanaman ini tidak perlu disirami lagi.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Your ADS