Minggu, 08 Januari 2012

Mempercantik Taman dengan Tanaman Bunga Kana

Your ADS

 

Bagi Anda yang senang bertanam tentu akan selalu berburu berbagai jenis tanaman hias yang cocok dan dapat dimanfaatkan untuk memperindah taman rumah.


Apalagi kalau jenis tanaman itu memiliki bentuk penampilannya yang indah maupun warna bunganya yang cantik. Salah satu jenis tanaman hias yang tak kalah menariknya untuk mempercantik taman rumah anda adalah tanaman bunga kana.


Tanaman ini termasuk dalam keluarga tanaman umbi-umbian dari famili cannacieae. Penampilan tanaman ini, terutama dari bentuk daunnya, mirip dan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan jenis tanaman rimpang dalam orde  zingiberalis, seperti jahe, talas, merantas, ataupun pisang. Sedangkan bentuk bunganya terlihat seperti bunga lili yang indah meski bukan jenis lili sejati.


Selain itu, tanaman kana sebenarnya lebih merupakan hasil produk pertanian karena rimpangnya merupakan sumber pati yang cukup tinggi dan dapat menjadi sumber pangan alternatif. Di masyarakat, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan ganyong dan merupakan jenis canna edulis kerr.


Salah satu jenis kana yang diambil buah rimpangnya dimanfaatkan untuk membuat diversifikasi pangan. Apalagi kandungan gizi makanan ini setara dengan jenis umbi maupun kentang.


Perawatan Mudah


Untuk mempercantik taman rumah, kana yang dipilih adalah tanaman kana jenis hias. Ada beberapa jenis hias yang dapat dijadikan tanaman hias, seperti canna generalis, canna indica, canna hybrid, maupun jenis canna coccinae. Namun jenis yang sering dan lebih banyak dipilih orang adalah canna generalis.


Bunga kana jenis ini bentuknya cukup besar dengan corak warna yang cerah dan menyala memang sangat cocok untuk taman rumah. Jenis kana hias yang dipilih umumnya adalah bunga yang berwarna merah dan kuning. 


Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman yang tidak sulit dalam perawatannya. Selain relatif dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan tahan menghadapi berbagai jenis cuaca, tanaman ini juga tidak membutuhkan perlakuan khusus.


Namun agar mendapatkan hasil yang optimal dengan penampilan yang menarik, tanaman ini lebih cocok tumbuh di daerah tropis dengan kelembaban yang cukup, serta sinar matahari yang optimal.


Indoor dan Outdoor


Tanaman kana jenis hias memiliki tinggi hingga mencapai sekitar 3 meter. Sedangkan daunnya berbentuk elips dengan ukuran yang cukup besar dengan lebar daun pada tumbuhan dewasa sekitar 20 cm dan panjang antara 0,6 hingga 1 meter.


Sedangkan bunganya agak lebar dengan warna yang cukup kontras dengan warna daunnya. Tak jarang bunga kana yang telah mekar dipotong untuk dimasukkan dalam vas bunga dan diletakkan dan digunakan sebagai penghias dalam ruangan (indoor).


Namun memperhatikan bentuk dan penampilan tanaman kana yang cukup besar, tanaman ini juga cocok untuk menghias taman rumah secara outdoor. Begitu juga untuk penempatannya bisa ditempatkan di belakang bunga hias lainnya yang umumnya lebih rendah.


Kita juga tidak perlu membuat tanah berkontur untuk tanaman bunga kana. Apalagi sifat tanaman ini yang bergerombol membuatnya terlihat kokoh namun cantik dan indah dipandang, dari jarak agak jauh sekalipun.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

Your ADS