Senin, 16 Januari 2012

Percantik Rumah dengan Taman

Your ADS

 

Taman dibuat dengan tujuan sebagai area penyegaran. Taman identik dengan suasana yang damai, tenang, dan indah dipandang. Kita biasanya pergi ke taman untuk memperoleh suasana yang segar dan menenangkan. Pepohonan, bunga, bahkan air mancur yang ada di taman akan memberikan aura positif bagi pandangan, pendengaran, dan suasana hati kita.


Oleh karena itu, alangkah baiknya jika di rumah kita disediakan area khusus untuk taman. Bagi yang mempunyai pekarangan kecil, taman minimalis bisa menjadi pilihan Anda. Sebenarnya, taman tidak harus besar atau luas. Jika ditata dengan apik dan menarik, taman kecil pun bisa memenuhi kebutuhan kita akan penyegaran.


Letak taman pun tidak harus di depan atau di halaman belakang rumah. Di dalam atau tengah rumah pun kita bisa menciptakan suasana taman yang cantik. Berikut ini dapat Anda simak tips membuat dan menata taman di halaman rumah rumah Anda.


Gaya atau Tema Taman


Untuk memberikan “nuansa hijau” halaman rumah Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema atau gaya taman yang Anda inginkan. Gaya minimalis, mediterania, atau lainnya, semuanya tergantung dari selera Anda.


Pemilihan Tanaman Hias


Setelah menentukan tema taman, langkah berikutnya adalah perhatikan letak jatuhnya sinar matahari di area taman. Beri tanda daerah tersebut karena di situlah tanaman keras perlu Anda tanam. Tanaman keras di sini maksudnya adalah tanaman keras yang membutuhkan sinar matahari langsung, seperti pohon buah-buahan atau tanaman hias berpohon keras, seperti cemara dan flamboyan.


Tanaman hias lain bisa ditambahkan untuk mempercantik taman. Tanaman lidah mertua atau sansiviera bisa menjadi alternatif pilihan tanaman hias Anda, karena tanaman tersebut berfungsi juga sebagai penyerap polusi udara.


Jika di halaman Anda ada area yang kurang terkena sinar matahari, Anda dapat memilih tanaman yang berkembang baik walaupun tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, seperti tanaman kelompok filodendron. Jika ingin tanaman yang merambat, Anda bisa memilih alamanda ataupun nona makan sirih.


Anda bisa memilih apakah tanaman hias akan ditanam di tanah atau dalam pot. Semuanya disesuaikan dengan jenis tanaman yang Anda pilih. Hanya saja, memilih menanam di tanah akan memberikan hasil yang lebih baik bagi pertumbuhan tanaman itu sendiri.


Penunjang Taman


Selain dengan pohon dan tanaman hias, taman Anda pun bisa dipercantik dengan tambahan ornamen lain, seperti lampu taman, kolam, dan air mancur. Jika Anda suka, patung pun bisa diletakkan di taman Anda. Selain itu, kursi taman dan ayunan bisa menambah aksen taman sehingga Anda akan betah berlama-lama berada di taman.


Namun, sebelum menambah ornamen penunjang tersebut, perhatikanlah luas area taman dan tata letaknya. Jangan sampai hal yang seharusnya mempercantik malah merusak tatanan taman Anda.


View the original article here

Your ADS